_Rakhma Mustiica _: Pengertian akuntansi secara menyeluruh

Pengertian akuntansi secara menyeluruh


Akuntansi seperti yang kita kenal saat ini mengacu kepada pemahaman dan pengertian akuntansi yang dikembangkan di Barat. Namun, pengertian teknis akuntansi tersebut tidak lepas dari pada kontribusi ilmu-ilmu Islam tentang akuntansi. Untuk memahami akuntansi Islam, maka cukup bijaksana jika kita mengetahui akuntansi secara umum yang kita kenal saat ini. Menurut literatur secara umum, akuntansi dapat dipahami sebagai:
  • Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dengan cara tertentu yang dapat diukur dalam satuan moneter (uang), tentang traksaksi atau kejadian-kejadian masa lalu yang bersifat keuangan dan termasuk tafsiran-tafsirannya. (AICPA)
  • Akuntansi adalah proses mengindentifikasi, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan dalam mempertimbangkan alternatif untuk pengambilan kesimpulan oleh para pemakainya. (AAA)
  • Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya memberikan informasi kuantitatif yang umumnya dalam bentuk ukuran moneter (uang), mengenai suatu badan eknomi untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi dan sebagai dasar dalam memilih diantara beberapa alternatif . (APBS No.4)
  • Dalam statement Trueblood Committe Report 1972 disebutkan bahwa salah satu tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi yang berguna untuk menilai kemampuan menajemen menggunakan kekayaan perusahaan secara efektif dalam mencapai tujuan utamanya. Dalam konteks ini akuntansi dianggap sebagai sarana manajemen untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki.
  • Menurut Ahmad Belkaoui, terdapat beberapa citra yang menggambarkan sifat-sifat akuntansi, antara lain akuntansi sebagai suatu bahasa bisnis karena ia mengkomunikasikan perusahaan dengan pihak lain.
  • Menurut Hertanto dalam bukunya Panduan Akuntansi Syariah, bahwa akuntansi memiliki peranan penting dalam suatu lembaga yang melakukan bisnis atau non bisnis (mencari keuntungan atau tidak). Lembaga memerlukan pencatatan guna mendokumentasikan dan mempertanggung jawabkan aktivitas-aktivitas keuangan sebagai acuan pengambilan keputusan.
Dengan demikian, akuntansi merupakan alat untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan ekonomi suatu lembaga atau badan baik yang berorientasi mencari keuntungan maupun tujuan sosial yang melakukan aktivitas keuangan dimasa lalu untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan suatu lembaga.